Pages

27 January 2007

General: National Sales Meeting' 07

Wuih…. cape banget training-nya ! anyway cukup menarik untuk di posting terutama peristiwa2 yang tidak menguras otak cukup yang sifatnya menghibur saja. Tahun ini NSC 2007 (National Sales Convention ) mengambil tema “Winning in Store” dan di selenggarakan di hotel Borobudor selama 3 malam 4 hari. Format tahun ini berbeda dgn tahun yang lalu dimana setiap product brand/ Department masing2 mengadakan atraksi yang sangat heboh tetapi juga tdk melupakan unsur product knowledge, strategy 2007, team building, hiburan dll.

Days One:
Tepat jam 8.00 pagi acara di buka oleh Vice President kita di ikuti wejangan para pejabat teras dan result target 2006 yang sangat jeblok sehingga rencana Abah jalan-jalan ke Negara jiran tahun ini tidak bisa tercapai, hanya segelintir orang saja duh sayang pisan mudah-mudahan target 2007 tercapai and Abah bisa dolan-dolan ke Sydney … amien !

Jam 13.00 siang, memasuki kawasan MILK dimana acaranya paling attractive dan heboh karena menampilkan acara “Dancow Vaganza” dimana diperankan oleh bintang beken Extravaganza Kang Sogi dan Aming. Salah satunya kang Sogi menjadi brand image untuk product kita susu IDEAL. Geblek emang duo orang ini cukup menghibur tetapi juga bisa mengimbangi dengan cepat agar peserta dapat meningkatkan penjualannya dengan memplesetkan slogan “Winning in Store” menjadi “Menang terus Setor”. Abah bekesempatan mejeng dgn duo edan ini btw si aming emang item banget bo..ngeri euy……!


Yup,kita simak cerita menarik berikutnya ………

Jam 14.30 siang, memasuki kawasan “Pet Food” kami disuguhi seminar tentang makanan anjing & kucing juga pengetahuan tentang dunia hewan khususnya anjing. Nach disini mulai seru dimana sang pelatih memperlihatkan bagaimana cara anjing melacak benda2 tertentu (kayak di film2), cara merawat, memahami intruksi sang pelatih dll. Contohnya “sit..sit. “ maka sang anjing duduk, “down, down..!” sang anjing berguling. Salah satu peserta bertanya sambil tersenyum “Kenapa harus memakai bahasa inggris segala? sampai level berapa? Advance yah! thus kalau pakai bahasa Indonesia atau sunda bagimana?”. Sang pelatih sambil ngakak menjelaskan bahwa anjing itu buta warna, tidak mengerti bahasa manusia tetapi hanya mengerti dari intonasi suara dan perintahnya harus sederhana semisal “sit” untuk duduk dll. Coba bayangkan kalau anda memerintahkan anjing untuk berlari dan menggigit seseorang pakai bahasa sunda atau indonesia lalu bandingkan dgn memakai bhs inggris jauh lebih mudah mana?:
~ Run and Bite (inggris) cuma 3 ketukan
~ Udag jeung gegel eta jelema (sunda) 6 ketukan
~ Lari dan gigit orang itu (Indonesia) 5 kerukan
.“Ooooooh…… ! ” seru peserta sambil mangut-mangut kakyaknya semua sudah memasukui alam hewan ....auk..auk..auk..

Jam 15.30 siang, memasuki arena “Infant Formula” semua peserta diajak untuk menyelami dunia bayi s/d anak-anak, bagaimana tumbuh & kembang anak, nutrisi yang dibutuhkan oleh anak, apa itu Linoliat, DHA, lactobactilus dan juga WHO code untuk menganjurkan pemakian ASI kepada para Ibu-ibu yang baru melahirkan. Salah satu perserta menyelak “ WHO code bukan milik para bayi tapi juga para bapak-bapaknya perlu ASI!..” yang lain riuh rendah menimpali “ Akur…setuju………!” giliran para ibu-ibu yang protes bersuara nyaring “ Enake dewe, ember, gilingan, emang kasih ASI sakit ..enak gila !” sang moderator hanya bisa tesenyum simpul ..

Jam 16.30 sore, memasuki kawasan “ Breakfast Cereal” diamana setiap peserta disodori beberapa hadiah yang sangat menarik apabila bisa menjawab beberapa pertanyaan. Salah satunya abah dapat gift topeng SPIDERMAN. Untuk tahun 2007 NBC bekerjasama dengan Walt Disney akan mensupport film terbaru “golden Compas” juga film paling beken trilogy “SPIDEMAN 3”.

Jam 17.45 sore, mamasuki ruang “Dunia Kopi” disini kita bisa melihat secara detail mulai dari pemilihan biji kopi Robusta dan Arabika yang ada di perkebunan binaan kita di lampung sana. Secara gamblang kita bisa melihat mulai dari cara pengeringan kopi, blending aroma dan berakhir dengan pengepakan product. Acara yang paling koyol adalah “ Jeng niskan” mencontoh acara di TV dengan sang cewek yang bengis dan galak tapi benar-benar sexy….!

Jam 18.00 petang, memasuki kawasan Confectionery dimana kita di suguhi dengan cewex2 cantik seperti Candy, manis rasanya kalau di kulum, di isep atau di emut rasa mentholnya…..!

Jam 19.30 – 24.00 acara Gala Dinner di iringi dengan band-band beken, diselingi acara penyerahan award kepada para best award. Semakin malam acara semaikin memuncak dengan di hadirkannya TRIO MACAN yang kondang dgn lagu SMS nya, lantas tidak luput ulah para penari sexy yang membikin suasana tambah ON. Wuih….Abah cuma bisa menghela nafas, bukan jaim bo tapi wondering saja ……..


DAYS 2
Jam 8.00 pagi sampai 14.30 ini adalah waktu yang cukup memeras otak dan keringat karena kita semua menampikan performance dan key success story masing2 so Abah tidak akan bahas ini karena bisa menyebabkan serangan kantuk bagi orang yang membacanya …he..he..

Jam 15.00 di isi dengan acara “Wellness Campaign” di mana sang Dokter memaparkan pentingnya kesehatan kita dengan menerapkan prinsip hidup sehat di dalam aktifitas keseharian kita:
~ Makan cukup gizi bukan hanya kenyang dan nikmat saja…!
~ Istirahat cukup minimal 6 jam sehari
~ Olahrarga teratur jenis yang paling murang dan efectif adalah jalan kaki atau aerobic
~ Hindari Stress, merokok, minum alcohol (bingung, kok cimeng, gele dan sabu tdk di sebut ama sang dokter..he..he)
~ Perdalam agama masing-masing untuk life balancing & relaxing.

Jam 16.30 brain storming dari sang Motivator ulung beberapa point yang patut di cermati :
“I KNOW WHAT TO DO BUT I DON’T DO WHAT I KNOW” so sekecil apapun rencana anda atau setinggi apapun mimpi anda segera bertindak untuk mencapainya jangan diam saja apalagi samapi bilang “yah..gimana nasib saja..!” atau “gimana takdir saja..!”. Anda tahu Billgate dulunya hanyalah seorang mahasiswa culun tapi lihat sekarang, intinya orang-orang success selalu memulai dari yang kecil atau bahkan dgn ide yang “edan” sekalipun tetapi mereka segera berbuat, bertindak, action u/ mencapainya. Kalau ada hambatan didalam mencapai tujuan tsb umumnya meraka bertindak seperti semut “THINKING OUT OF THE BOX”. Coba tengok semut, kalau mereka dihalangi jalannya otomatis akan segera mencari jalan alternatif, jarang yang balik lagi atau menjadi prustasi apalagi sampi bunuh didri…!. Beberapa point simple step untuk meraih sukses:

1. Cear Outcome (selalu tulis atau gambarkan obsesi, target, cita2 dengan jelas)
2. Do Action (define step by step bagaimana meraihnya)
3. Do like an ant “thinking out of the box” if you are facing the problem
4. Flexibility (see other possibility/ change)
5. Re-evaluation all the success or fail
6. Try and Try

Jam 19.30 acara hiburan dan awarding diisi dengan internal band kita juga tampilan band asal bandung yang cukup beken di café café Jakarta dengan mengusung format rock khusunya lagu2 dari the Queen. Abah jadi teringat sama si ambu takala mendengarkan lagu berjudul “Fat bottom girl” wuih serasa banget…..!.

DAYS 3
Team building, sasarannya semua team dari mulai level managerial sampai dengan yang paling bawah harus turut serta dan segera menyelesaikan kasus demi kasus sampai tuntas dan tepat waktu dan harus dengan cara “team work”. Big puzzle, tower dan merakit pesawat terbang adalah game yang paling seru dan membutuhkan kerjasama yang solid diantara semua team yang ada.

DAYS 4
Istirahat panjang, bangun jam 10.00 pagi untuk buat laporan budget NSC 2007 diselingi juga bahan tulisan untuk di share di blog. Thus segera berkemas untuk check out …ketemu dech sama si ambu dan anak-anak di rumah……….!




3 comments:

MaIDeN said...

gambar penari sexy-nya digedein dikit dong :)

Anonymous said...

Abah teh kerja di mana sih? asyik banget yah tiap taun jalan2!. thus photo relief yg 3 in 1 dpt dari mana? abah sempat2nya photo ..he..he.. parno pisan and menggugah sekali ..ups....!

mrktg said...

As business grows continuously, staff and managers gain more responsibilities and duties in different types of tasks within the organization. In some cases, companies place people in managerial and management positions that don's have training skills in management. Companies provide sales seminars for their employees very frequently.