Pages

22 September 2006

General: "MARHABAN YA RAMADHAN" //

Bahagia rasanya memasuki bulan suci Ramadhan 2006 tanpa terasa kita harus segera mananggalkan semua atribut keduniawian. Semua teman, collega berkirim SMS ataupun e-mail sambil mengucap “Marhaban ya Ramadhan” diiringi ucapan dan kalimat yang sungguh mengguncang hati. Aku cukil salah satunya:

“ Saatnya istirahat dalam pemuasan nafsu duniawi
Saatnya membersihkan jiwa yang berjelaga
Saatnya mensyukuri indahnya kemurahanNya
Saatnya memahami makna pensucian diri
bersama kita leburkan kekhilafan, dengan shaum mempertemukan kita dengan Keagungan Lailatul Qadar dan kita semua menjadi pilihanNya untuk dikabulkan do'a - do'a dan kembali menjadi fitrah”

Tetapi masih ada yang mengganjal dengan ucapan itu, coba kita urai

~ Selang beberapa jam datang lagi email maupun SMS dengan ucapan yg sama percis...!. Hatiku jadi miris dan masih menyisakan sedikit pertanyaan “mudah-mudahan mereka mengerti, memaknai dan sesuai dgn isi hatinya”. Inilah salah satu dampak teknologi super canggih, semua serba instan tinggal “copy and paste” kirim dech kalimat-kalimat super indah tsb beres……..!, tanpa pernah atau mau mencoba mencerna atau bahkan merenungi makna yg terkandung didalamya.

~ Satu kebiasaan dan budaya yang perlu kita kurangi bahkan kalau bisa di hilangkan yaitu budaya mudik dan shopping. Semua muslim tahu disaat menjelang 10 malam terakhir di bulan puasa, kita dianjurkan untuk meningkatkan amalan kita salah satunya Itikaf di mesjid. Ironis sekali kita dari tahun ke tahun selalu disibukan dgn urusan DUNIAWI. Para Bapak sibuk ke bengkel atau sewa mobil buat mudik, para Ibu sibuk pinjam uang ke PEGADIAN buat bikin kue dan anak-anak tanpa kita sadari di didik untuk punya baju baru, sepatu baru dan tetek bengek lainnnya yg harus serba baru. Sementara Mesjid “Rumah Alloh” kita tinggalkan sampai kosong melompong, hanya tersisa cicak di dingding sambil berucap “ Kasihan mereka hanyalah lapar dan dahaga yang didapat”

Anyway, mari kita songsong bulan penuh barokah dan ampunan tsb dengn kegitan yg bermakna. Sedikit pintaku “Ya Alloh beri kami sekeluarga kekuatan untuk bisa mengisi undanganMU”.


No comments: