Pages

10 March 2008

Gadget: Cara Aman Ber-Internet

Spam, rootkit, malware, trojan, worm, spyware, adware, keyloggers, virus dll. bagi jagat Maya istilah tersebut sudah tidak asing lagi dan paling ditakuti terutama bagi orang yang doyan surfing di internet. Pada prinsipnya semua sama mempunyai tujuan jahat, dari yg sekedar iseng kepingin ‘beken’, merusak system computer bahkan lebih jauh lagi menguras uang Anda yg ada di Bank.

Contoh bisa dowload disini: bikini ‘bunga citra lestari’ sungguh ! anda jgn terbuai dengan keindahan tubuh molek sang bintang karena dibalik itu tersimpan potensi bencana.

Adakah cara aman dan tenang berselancar di dunia maya ? berdasarkan pengalaman dan literatur dari beberapa sumber jawabannya sama “pasang saja software “anti virus..!” ternyata itupun bukanlah jaminan karena para pembuat virus dan sebangsanya semakin hari semakin ganas dan pintar saja, kalua boleh jujur menurut saya pribadi antivirus selalu tertinggal selangkah oleh para pembuat virus itu sendiri bukankah para pembuat anti virus bekerja kalau sudah ada virusnya?.

Ada beberapa software khususnya yg bersistem operasi 'Microsoft Windows' akhir-akhir ini bekerja bukan berdasarkan cara kerja virus dan sejenisnya tetapi berprinsip kepada “menjebak” virus itu masuk ke ‘system virtual’ atau ‘bayangan’ sehingga bila kita sudah ber-internet ria maka segala jejak, cookies, temporary file, password yg ada di computer kita aman ‘terisolasi’ di virtual system tsb. Coba cek di sini untuk lebih jelasnya (http://en.wikipedia.org/wiki/Sandbox_(computer_security)

Saya sudah coba beberapa software yg bekerja berdasarkan prinsip tersebut dan hasilnya cukup memuaskan, bahkan saya tidak perlu memakai software Antivirus apapun dan hasilnya komputer saya aman dan damai :

1. Sandboxie (http://www.sandboxie.com/)
2. Bufferzone (http://www.trustware.com/home.php)
3. Virtual sandbox (http://www.fortresgrand.com/)
4. Green Border (http://www.greenborder.com/)
5. Shadow Surfer (http://www.storagecraft.com/products/ShadowSurfer/)

Diantara sekian program software di atas ‘Sandboxies’ yg paling bagus baik dalam hal kecepatan prosess, tidak membebani system di RAM dan yg paling TOP ada versi GRATISNYA…he..he... untuk ‘Buffer Zone’ mempunyai kelebihan user friendly sedangkan program lainnya beberapa malware, Trojan masih bisa meng-interupsi/ hack program tsb tetapi tidak sampai merusak system permanen computer anda.

Kedepannya ada idea lebih gila lagi yaitu membuat dan menyebarkan program/ worm/ virus tetapi yang bersifat ‘baik hati’ dengan tujuan membasmi 'virus jahat' yg sudah bercokol di system computer Anda dan apabila belum tertular maka dia akan stay di memory untuk menjaganya ...hemmm... percis kayak di film-film saja...!

No comments: